Minggu, 19 Oktober 2014

MANFAAT DAN BAHAYA BERCIUMAN


manfaat dan bahaya ciuman seringkali kita anggap sebelah mata, memang berciuman selain sebagai cara untuk menunjukan cinta dan kasih sayang juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.Tetapi perlu juga diketahu bahwa beberapa penyakit bisa menular melalui berciuman. Anda mungkin bertanya apakah cium pipi bisa menularkan penyakit? ya tentu tidak , yang saya maksudkan sebagai ciuman disini adalah ciuman bibir yang nantinya akan menyebabkan pertukaran saliva atau air liur…
Bagi yang belum faham masalah ini, mungkin meragukan semua manfaatdan bahaya ciuman . Tidak apa-apa hal itu wajar. Karena anda belum tahu. Dan saya akan menjawab keraguan anda ,kita mulai dari manfaat ciuman itu sendiri yakni:
Manfaat Ciuman
- Ciuman bikin awet muda. Karena aktifitas ini memaksa 30 otot di wajah anda untuk berkerja, hasilnya pipi dan dagu wajah anda jadi kencangkan sehingga awet muda anda dapatkan. Dan ini berdasarkan hasil studi.
- Ciuman 30 menit menyembuhkan flu. Ternyata saat anda berciuman, secara tidak langsung anda telah merangsang peningkatan kadar horon histamin — yang merupakan sistim imun tubuh — efeknya dapat menyembuhkan penyakit berasal dari virus seperti flu dan bersin. Oleh karenanya, mending berciuman daripada beli tissue, lebih iritkan? Tapi tentu saja bagi yang sudah beristeri.
- Ciuman menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Anda malas olah raga untuk turunkan kolestrol dan tekanan darah? Maka berciumanlah, dengannya detak jantung anda terpicu dan imbasnya kadar kolestrol dan tekanan darah menurun secara SIGNIFIKAN.
- Ciuman bikin daya tahan tubuh meningkat. ciuman juga bisa menjadi senjata dan benteng tubuh anda dari serangan penyakit dan bakteri, karena aktifitas enak ini dapat mengeluarkan sistim antobodi.
- Ciuman menenangkan. Anda dapat merasakan kebahagian dengan berciuman karena apa? Karena pelepasan hormon bahagia endorfin dan oksitosin menjadikan tubuh terasa nyaman dan tenang.
- Ciuman bikin gigi kuat. Pertukaran air liur saat berciuman bekerja sebagai penetral asam dalam mulut penyebab gigi berlubang dan membantu menguatkan gigi.
- Ciuman membantu hidup lebih lama. Pasangan yang selalu berciuman begitu bangun di pagi hari, secara signifikan dapat hidup 5 tahun lebih lama dari yang tidak.
- Ciuman membakar kalori. Tanpa perlu bersusah payah berlari di atas treadmill, berciuman dapat membakar 6 kalori setiap menit.
Ternyata manfaat ciuman atau berciuman begitu banyak ,nah sekarang lihat efek ciuman yang kurang baik jika ditinjau dadi aspek yang lain :
ciuman bisa menularkan beberapa penyakit
Bagaimana proses penularan penyakit saat berciuman ?
Beberapa kuman/virus dari seorang penderita bisa ditemukan dalam air liur misalnya virus EBV (Ebstein- Bar Virus) dan Cytomegalovirus.
Jika Penderita ini berciuman dengan pasangannya maka air liur yang berisi virus akan masuk ke mulut pasangannya selanjutnya akan ditelan dan masuk ketubuh.
Kemudian virus akan berkembang dan menimbulkan gejala penyakit.
Penyakit Apa saja yang bisa ditularkan saat berciuman ? Penyakit yang bisa ditularkan saat berciuman antara lain penyakit radang tenggorokan yang disebabkan oleh kuman streptococcus, penyakit hand-foot-and mouth yang disebabkan oleh Coxsackie virus, herpes simpleks yang disebabkan oleh virus herpes tipe 1 dan Hepatitis B serta C
Lalu bagaimana denga penyakit HIV ? Virus HIV bisa ditemukan pada saliva/air liur tetapi sampai saat ini belum bisa dibuktikan tentang penularan HIV melalui berciuman.
Walaupun demikian tetap ada resiko penularan HIV melalui berciuman Didalam rongga mulut kita mempunyai sistem pertahanan yang terdiri dari antibody, senyawa lizosim dan flora normal yang bisa mencegah penularan penyakit.
Walaupun sudah ada sistem pertahanan kadang penyakit masih bisa menular apalagi jika ditambah kesehatan rongga mulut yang tidak baik. Setelah membaca artikel ini mungkin Anda jadi sedikit takut untuk berciuman, dan kehilangan banyak manfaatnya!!!!.
Lalu bagaimana agar tetap bisa berciuman tapi terhindar dari penyakit akibat berciuman ???
yang penting adalah Anda harus KETAHUI DENGAN SIAPA ANDA BERCIUMAN dan JAGA KESEHATAN RONGGA MULUT ANDA……. Jadi Tetaplah berciuman dengan pasangan Anda dapatkan segala manfaatnya dan ketahui bagaimana cara mencegah penyakit akibat berciuman….dan yang terpenting anda jangan bergonta-ganti pasangan karena itu bisa mengurangi resiko terkena penyakit.
sayangilah diri dan pasangan anda dengan sepenuh hati. .
semoga ini bermanfaat bagi anda...!!

0 komentar:

Posting Komentar